Klinik Ibnu Sina

5 Maret 2008

Askeskin Diganti Jadi Jamkesmas

Filed under: Berita Media — Tag:, , , — klinik ibnu sina @ 11:48 am

Mulai tahun 2008 nama program Asuransi Kesehatan untuk Masyarakat Miskin (Askeskin) berubah menjadi Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Anggaran Jamkesmas untuk 2008 disiapkan sebesar Rp 4,6 triliun untuk 76,4 juta masyarakat miskin dan hampir miskin.

(more…)

4 Maret 2008

OKU Selatan Endemis Malaria

Filed under: Berita Media, Malaria — Tag:, , , — klinik ibnu sina @ 9:07 am

Kabupaten OKU Selatan terindikasi sebagai daerah endemis Malaria. Kondisi ini disebabkan kondisi geografis, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat yang masih kurang.

Fakta ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan yang diwakili Kabid P3M (Pencegahan pemberantasan penyakit menular) Al Fattah Karim di ruang kerjanya, Senin, (3/3).

(more…)

18 Februari 2008

Waspadai Air Mineral Basi

Filed under: Berita Media — Tag:, , , , — klinik ibnu sina @ 5:15 pm

Beberapa waktu belakangan, warga Palembang dirisaukan beredarnya air mineral kedaluwarsa. Kalangan dewan pun ikut prihatin. Ketua Komisi II DPRD Kota Palembang Zuhri Lubis mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran air mineral yang kedaluwarsa. Sebab, ada beberapa laporan di masyarakat yang menemukan air kemasan yang tidak layak minum itu. Dia menjelaskan, layaknya air mineral yang sehat, tentu air berwarna jernih, tidak terdapat kotoran di dalamnya.

(more…)

12 Februari 2008

Tak Ada Dana Khusus Gizi Buruk

Filed under: Berita Media, Gizi — Tag:, , , — klinik ibnu sina @ 11:34 am

Belum ada kejelasan apakah tahun 2008 ini, pemerintah pusat mengalokasikan dana khusus untuk penderita penyakit gizi buruk atau tidak. Yang jelas, dalam APBD Provinsi Sumsel tidak dianggarkan sama sekali.

“Tidak ada alokasi khusus bagi penderita gizi buruk dari provinsi. Bantuan, mungkin akan langsung diberikan pusat (Depkes) dari APBN yang didrop kepada kabupaten/kota,” ungkap kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Syahrul Muhammad melalui Kepala Seksi Pembinaan Gizi Masyarakat David Simanjuntak, Senin kemarin (11/2).

(more…)

Epidemi HIV di Indonesia Tercepat di Asia

Filed under: Berita Media, HIV/AIDS — Tag:, , , — klinik ibnu sina @ 10:44 am

Perkembangan epidemi HIV di Indonesia termasuk tercepat di kawasan Asia, meskipun secara nasional angka prevalensinya tergolong rendah. Hingga akhir September 2007, Departemen Kesehatan melaporkan penambahan pasien AIDS sejumlah 2.190 orang pada 2007 atau menjadi 10.384 orang secara kumulatif.

(more…)

3 Februari 2008

Thalasemia Menggejala di Palembang

Filed under: Berita Media, Thalasemia — Tag:, , , , , — klinik ibnu sina @ 10:56 am

Dari 10 jenis penyakit terbesar yang terpantau di Instalasi Rekam Medik RSMH Palembang, salah satunya thalasemia yang berada urutan kedelapan. Kendati berada di posisi delapan, namun perkembangan jenis penyakit ini tidak dapat dianggap remeh karena penyakit ini belum ada obatnya.

(more…)

2 Februari 2008

Jenis Kelamin Bayi

Filed under: Artikel, Bayi — Tag:, — klinik ibnu sina @ 9:34 am

Jenis Kelamin Bayi

Kromosom Y membawa sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X berisi sifat-sifat kewanitaan. Di dalam sel telur ibu hanya dijumpai kromosom X, yang menentukan sifat-sifat kewanitaan. Di dalam air mani ayah, terdapat sperma-sperma yang berisi kromosom X atau kromosom Y saja.

(more…)

Arab Saudi Kaji Pendirian Rumah Sakit Khusus Perempuan

Filed under: Berita Media, Ragam — Tag:, , — klinik ibnu sina @ 6:54 am

Juru bicara kementerian kesehatan Arab Saudi Dr. Khalid Mirghalani menyatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan pendirian rumah sakit khusus peremuan. Menurutnya, pertimbangan itu tidak ada kaitannya dengan usul Mufti Besar Kerajaan Arab Saudi, Syaikh Abdul Aziz Al-Asyeikh. (more…)

31 Januari 2008

Probiotik Bermanfaat untuk Kekebalan Tubuh

Filed under: Berita Media, Probiotik, Sistem Imun — Tag:, , , — klinik ibnu sina @ 9:11 am

Di kota-kota besar dengan beban kerja yang tinggi, pola hidup tidak sehat dan pola konsumsi yang juga tidak sehat menyebabkan orang mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, probiotik sangat diperlukan.
(more…)

27 Januari 2008

RI-Jepang Bangun Laboratorium Flu Burung Terbesar di ASEAN

Filed under: Berita Media, Flu Burung — Tag:, , , , , , , , — klinik ibnu sina @ 9:52 am

Indonesia dan Jepang terus mempercepat kegiatan pembangunan laboratorium penanganan flu burung (avian influenza) di tanah air, menyusul penandatangan kontrak pembangunan laboratorium kesembilan yang akan dibangun di Subang, Jawa Barat, Februari 2008.
(more…)

Older Posts »

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.