Klinik Ibnu Sina

18 Januari 2008

Apakah Sistem Imun Itu?

Filed under: Artikel — Tag:, , , , , , , , — klinik ibnu sina @ 7:36 am

Apakah Sistem Imun Itu?

Disadari atau tidak, jutaan operasi dan reaksi berlangsung dalam tubuh kita setiap detiknya. Hal ini terus berlangsung walaupun kita sedang tidur. Kegiatan yang padat ini terjadi dalam selang waktu yang menurut pandangan kita sangat singkat. Ada perbedaan mendasar antara pandangan tentang waktu dalam kehidupan sehari-hari dengan waktu biologis tubuh kita.

Rentang satu detik yang melambangkan selang waktu sangat pendek dalam keseharian kita, berjalan sangat lama bagi kebanyakan sistem dan organ yang bekerja di dalam tubuh kita. Jika semua kegiatan yang dilaksanakan oleh semua sel, jaringan, dan organ tubuh dalam satu detik itu dituliskan, hasilnya tak terbayangkan. Sebuah aktivitas yang berada di luar batas pikiran manusia!

Salah satu sistem terpenting yang terus-menerus melakukan kegiatan adalah sistem imun. Sistem ini melindungi tubuh sepanjang waktu dari semua jenis penyerang. Ia bekerja bagi tubuh yang dilayaninya dengan penuh ketekunan layaknya pasukan tempur berperalatan lengkap.

Setiap sistem, organ, atau kelompok sel di dalam tubuh mewakili keseluruhan di dalam suatu pembagian kerja yang sempurna. Setiap kegagalan dalam sistem akan menghancurkan tatanan ini. Sistem imun sangat diperlukan. Sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ yang terdiri atas:

  • bagian yang bisa dilihat seperti kulit, air mata, air liur, hidung dan paru-paru
  • bagian yang tidak dapat dilihat seperti timus, limpa, sistem limfa, sumsung tulang, sel darah putih, antibodi dan hormon


Semua bagian imun ini bekerja sama dalam melawan masuknya virus, bakteri, jamur, cacing, dan parasit lain yang memasuki tubuh melalui kulit, hidung, mulut, atau bagian tubuh lain. Sistem imun kita tersebar di seluruh tubuh dan tidak berada di bawah perintah otak, tetapi bekerja melalui rangkaian informasi pada tiap bagian dari sistem imun. Jumlah sel-sel imun yang Anda lebih banyak 10 (sepuluh) kali lipat dari sistem syaraf dan mengeluarkan 40 (empat puluh) agen imun yang berbeda-beda untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Berikut ini ‘pahlawan-pahlawan tersembunyi’ Anda, yaitu adrenoid dan tonsil, kelenjar air mata (lakrima), kelenjar air liur, membran mukus, timus, limpa, perut, hati, barcop peyer, usus, sumsung tulang, sistem limfa, dan kulit. [klinik-ibnusina]

home | buku tamu | layanan | konsultasi

Klinik: Jalan Ampibi No.2109 Blok D-9 Sekip Ujung Palembang
copyright©2008 Klinik Ibnu Sina – Palembang

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: